Sabtu, 18 Februari 2017

Fungsi

Pengertian Fungsi Matematika

FUNGSI MATEMATIKA
Suatu relasi dari himpunan A ke himpunan B disebut fungsi dari A ke B jika setiap anggota A dipasangkan dengan tepat satu anggota B.

Jika f adalah suatu fungsi dari A ke B, maka:
  • himpunan A disebut domai (daerah asal).
  • himpunan B disebut kodomain (daerah kawan) dan himpunan B yang pasangan (himpunan C) disebut range (hasil) fungsi f.
Aturan yang memasangkan anggota-anggota hhimpunan A dengan anggota-anggota himpunan B disebut aturan fungsi f.

Misal diketahui fungsi-fungsi:
f: A → B  ditentukan dengan notasi f(x).
g: C → D  ditentukan dengan notasi g(x).

http://www.materikelas.com/2016/04/relasi-dan-fungsi-rumus-dan-contoh-soal.html#

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Batas---------------------------------------------------------

Sifat Fungsi
Dengan memperhatikan bagaimana elemen-elemen pada masing-masing himpunan A dan B yang direlasikan dalam suatu fungsi, maka kita mengenal tiga sifat fungsi yakni sebagai berikut :
1.    Injektif (Satu-satu)
fungsi f disebut suatu fungsi satu-satu (injektif), apabila setiap dua elemen yang berlainan di A akan dipetakan pada dua elemen yang berbeda di B. Selanjutnya secara singkat dapat dikatakan bahwa f:A→B adalah fungsi injektif apabila a ≠  b berakibat f(a) ≠  f(b).







2.    Surjektif (Onto)
Misalkan f adalah suatu fungsi yang memetakan A ke B maka daerah hasil  f(A) dari fungsi f adalah himpunan bagian dari B, atau f(A)  c B. Apabila f(A) = B, yang berarti setiap elemen di B pasti merupakan peta dari sekurang-kurangnya  satu elemen di A maka kita katakan f adalah suatu fungsi surjektif atau “f memetakan A Onto B” 





3.    Bijektif (Korespondensi Satu-satu)
Suatu pemetaan f: A→B sedemikian rupa sehingga f merupakan fungsi  yang injektif dan  surjektif sekaligus, maka dikatakan “f adalah fungsi yang bijektif” atau “ A dan B berada dalam korespondensi satu-satu”.


http://ainwara.blogspot.co.id/2015/10/resume-relasi-dan-fungsi_4.html



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blogger templates