1. MEMBANDINGKAN PECAHAN
Didalam membandingkan, pasti kalian sudah tahu bahwa ada bilangan yang lebih kecil &
lebih besar. Dalam pembelajaran ini, kalian sudah mempelajari membandingkan
bilangan asli dari sejak TK sampai SD. Mari kita lihat penjelasannya.
Jika ada dua bilangan pecahan yang berbeda lalu harus ditentukan, maka bilangan
tersebut harus disamakan terlebih dahulu supaya mudah. Bilangan yang disamakan
boleh memakai bilangan desimal, persen dan pecahan, biasanya yang paling mudah
memakai bilangan persen dan desimal.
Contoh:
Manakah yang lebih kecil antara 1/2 dan 3/5?
Disini harus disamakan dahulu bilangan ini menjadi:
1. Bilangan pecahan
1/2 = 1 x 5/2 x 5
= 5/10
3/5 = 3 x 2/5 x 2
= 6/10
Jadi, 5/10 lebih kecil dari 6/10 atau 5/10 < 6/10 atau 1/2 < 3/5
2. Bilangan desimal
1/2 = 1 x 5/2 x 5
= 5/10
= 0,5 ------> angka pembilangnya 1
3/5 = 3 x 2/5 x 2
= 6/10
= 0,6 -------> angka pembilangnya 1
Jadi, 5/10 lebih kecil dari 6/10 atau 5/10 < 6/10 atau 1/2 < 3/5
3. Bilangan persen
1/2 = 1/2 x 100%
\___ dalam persen = per100
= 50%
3/5 = 3/5 x 100%
= 300/5
= 60%
Jadi, 5/10 lebih kecil dari 6/10 atau 5/10 < 6/10 atau 1/2 < 3/5
2. MENGURUTKAN PECAHAN
Dalam materi ini sama dengan membandingkan pecahan. Hanya saja ada perbedaan
nya. Kalau mengurutkan pecahan harus diurut dari terkecil s/d terbesar atau sebaliknya, sedangkan membandingkan harus dibandingkan yang mana lebih besar
atau kecil atau sama tanpa diurutkan hanya diberi tanda >,<,=.
Persamaannya harus diubah dan disamakan bilangannya terlebih dahulu.
Contoh:
Urutkan dari yang terbesar dulu:
1. 4/5, 2/3, 5/8, 5/2, 1/8
2. 40%, 1/3, 3/8, 0,71, 55%
Jawab:
1. Karena disamakan menjadi pecahan, maka akan sangat rumit.
Jadi biar cepat dan mudah, maka disamakan menjadi:
a) Bilangan desimal
4/5 = 4 x2/5 x 2
= 8/10
= 0,8 -----> angka dalam pembilang ada 1
2/3 = 2 x 3,33.../3 x 3,33...
= 6,66.../10
= 0,66...----> karena angkanya tak terbatas,maka angka pembilang ada 2
5/8 = 5 x 125/8 x 125
\______/
|____ agar dikalinya tidak desimal, maka dikalikan 3 angka
= 625/1000 ----> angkanya menjadi 1000
= 0,625 -----> amgka dalam pembilang ada 3
5/2 = 5 x 5/2 x 5
= 25/10 -----> jika pembilang melebihi penyebut maka dijadikan campuran
= 2 5/10
= 2,5
\___ angka 2 ini didepan koma
1/8 = 1 x 125/8 x 125
\______/
|____ agar dikalinya tidak desimal, maka dikalikan 3 angka
= 125/1000 ----> angkanya menjadi 1000
= 0,125 -----> angka dalam pembilangnya ada 3.
Jadi, urutan dari yang terbesar adalah
2,5 ; 0,8 ; 0,66... ; 0,625 ; 0,125 atau 5/2, 4/5, 2/3, 5/8, 1/8
membandingkan
BalasHapus