Jumat, 06 Januari 2017

Debit matematika

Debit erat kaitannya dengan volume dan waktu. Satuan debit biasanya digunakan untuk menentukan volume air yang mengalir dalam satuan waktu tertentu. Di dalam materi kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghitung debit air dengan menggunakan rumus matematika. Seperti biasa, di akhir materi saya akan memberikan beberapa contoh soal dan pembahasannya agar kalian semakin mudah dalam memahami materi tentang cara mengetahui debit air yang telah dijelaskan. Baiklah, mari kita langsung saja simak bersama materi rumus matematika yang ada di bawah ini.


Rumus Cara Menghitung Debit Air


Untuk memeperdalam pemahaman anda mengenai debit air, perhatikan contoh berikut:

  • Sebuah kolam diisi dengan air menggunaskan sebuah pipa yang debitnya adalah 0,5 l/detik. Artinya, di dalam waktu 1 detik jumlah volume air yang mengalir dari pipa tersebut adalah 0.5 liter.
  • Debit air yang mengalir melalui pintu air manggarai adalah 50m3/detik. Artinya, di dalam waktu 1 detik volume air yang melalui pintu air manggarai adalah 50m3.


Debit air adalah banyaknya volume zat cair yang mengalir pada tiap satu satuan waktu, biasanya dinyatakan dalam satuan liter/detik atau dalam satuan meter kubik (m3) per detik.

Rumus menghitung debit air

Debit =   Volume = __m3__
                Waktu       Detik

Simak Contoh soal dan pembahasan mengenai debit air berikut ini:

Contoh Soal 1:
Ada sebuah akuarium yang mmiliki bentuk balok dengan ukuran panjang 80cm, lebar 45cm, dan tingi 60cm. akuarium tersebut dapat diisi dengan air selama 20 menit menggunakan sebuah selang. Debit dari selang tersebut adalah?


Pembahasan:
Diketahui ukuran akuarium:
panjang (p) = 80 cm
lebar (l) = 45 cm
Tinggi (t) = 60cm

Volume akuarium = volume balok

= p x l x t
= 80 x 45 60
= 216.000 cm3
= 216.000 cc

Kecepatan debit selang adalah

Debit =_Volume ___m3__
                Waktu        Detik

Debit = 216.000cc = 180cc /detik
                20 menit

Sumber : http://www.rumusmatematikadasar.com/2014/11/rumus-cara-menghitung-debit-air.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blogger templates